Thursday, December 9, 2010

Vettel Juara Dunia F1 Termuda dalam Sejarah

Vettel juara F1 Ter muda dalam sejarah

  Air mata haru menjadi pemandangan di podium Grand Prix Abu Dhabi setelah Sebastian Vettel memastikan gelar juara dunia 2010, Minggu 14 November. Vettel menjadi juara termuda dalam sejarah F1 dengan usia 23 tahun.

Musim ini Vettel mengoleksi 11 kali podium, enam di antaranya berakhir sebagai juara pertama. Di klasemen akhir pun Vettel akhirnya memiliki 256 poin. Lebih banyak empat poin dibanding pembalap Ferrari, Fernando Alonso. Pembalap terakhir yang disebut tadinya dijagokan bakal jadi juara dunia tahun ini.

Namun Alonso ternyata hanya finish di posisi tujuh dan cuma mendapat tambahan poin enam.

"Terima kasih teman-teman. Tidak bisa dipercaya, terima kasih!" demikian kata pertama yang diucapkan Vettel selepas masuk garis finish. "Saya juara dunia!"

EMC: Memastikan Mobil Kebal dari Pengaruh Elektromagnetik




 Salah satu fasilitas Toyota Technical Center yang dikunjungi wartawan Asia Pacific di Jepang yang dinilai agak sukar dipahami adalah pengetesan electro-magnetic compactibility (EMC) di Toyota City. Sebabnya, wartawan tidak bisa melihat wujud atau merasakan pengaruh langsung dari medan atau gelombang elektromagnetik (electro-magnetic field/EMF).

Pada tempat tes lainnya bisa dilihat langsung akibatnya yang sensasional, misalnya, driving simulator, tes tabrakan, atau tes lainnya. Termasuk melihat ketahanan mobil diuji dari goncangan dan banjir.

Kedap suara
Ruang EMC adalah kamar kedap suara dengan dinding yang menggunakan bahan dengan bentuk khusus. Saat wartawan masuk, sedang dites satu unit sedan Lexus. Perlengkapan lain adalah antena. Kemudian wartawan diberi penjelasan tujuan tes dalam bentuk diagram oleh Yasuki Tagano, Manajer dari EMC.

Dijelaskan, dengan tes ini, mobil dijamin aman ketika berada di bawah pengaruh EMF yang kuat, misalnya, ketika berada di bawah menara pemancar televisi, radio, transmisitor, BTS telepon seluler, bahkan kabel listrik saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET), dan radar di bandara.

Di lain hal—mobil yang makin banyak menggunakan peranti kelistrikan dan elektronik—sekarang dipastikan tidak menimbulkan EMF di sekitarnya. Bisa saja kepada pengemudi, penumpang, dan pejalan kaki. Dulu kita melihat ketika mesin dihidupkan dekat televisi, maka di layar muncul garis-garis horizontal yang sangat mengganggu.

EMF sendiri dalam penelitian bisa memengaruhi kesehatan orang di sekitarnya. Misalnya, stres atau kanker. Karena itulah, ketika Toyota pertama kali memperkenalkan Prius di Amerika Serikat, muncul berbagai isu. Pengemudi mobil hibrida naik tekanan darahnya atau terlelap di belakang setir.

Delapan ruang 
Yasuki Tagano mengajak wartawan ke ruang kerjanya, tempat untuk memantau pengaruh mobil dari gelombang EMF melalui komputer dan video. Di layar monitor hanya tampak bagian mobil yang dites, misalnya, lampu dan spektrum gelombang suara.

Dengan adanya EMC ini, Toyota ingin menunjukkan, sebelum sebuah model diproduksi, harus menjalani tes ketat dan ekstensif dari pengaruh medan elektromagnetik.

Toyota, menurut Yasuki, saat ini punya delapan ruang EMC. Pertama, dibangun pada 1979 dan terbaru tahun lalu. Dalam hal pengetesan dilakukan, kendaraan dalam keadaan utuh dan komponen. Sedangkan frekuensi yang dihasilkan sangat beragam, mulai dari 9 KHz sampai 2 GHz. Bahkan pengaruh kelistrikan sampai tegangan 600 volt.

Wartawan dibawa ke ruang khusus ini karena sebelumnya, yaitu saat Prius di-recall, banyak dugaan mobil tiba-tiba berakselerasi mendadak karena pengaruh EMF. Dalam hal ini komputer mesin (ECU), motor listrik yang menggerakkan dan mengaktifkan bukaan gas (karena menggunakan drive by wire), serta sensor-sensor pada pedal gas.

Komputer mesin
Menurut Yasuki, komputer mesin merupakan bagian kendaraan yang paling mudah dipengaruhi EMF. Karena itulah, bagian ini yang sangat ekstensif diteliti plus panel instrumen. Maklum, menyangkut keselamatan.

Sebenarnya, EMF sering terjadi di sekitar kita setiap hari. Contohnya, remote control yang diaktifkan seperti biasa tidak berfungsi menurut semestinya. Setelah didekatkan penerima gelombangnya (receiver), baru bisa bekerja. Pada kondisi lain—diaktifkan dari jarak jauh—berfungsi dengan baik.

Kini, mobil modern, apalagi yang hemat energi, makin banyak menggunakan komponen listrik dan elektronik. Hal yang sama juga berlaku pada mobil hibrida listrik. Semua itu menyebabkan peran EMC semakin penting untuk memastikan setiap mobil yang dibuat, aman dari gangguan atau menimbulkan EMF. Apalagi saat ini, dengan makin padatnya lalu lintas, tren orang berada di dalam mobil semakin lama!

Toyota Ancam Tinggalkan Jepang



  Toyota lagi pusing tujuh keliling. Penguatan mata uang Yen terhadap dollar Amerika Serikat (AS) membuat penghasilan perusahaan terus menurun. Sementara, raksasa produsen mobil di dunia itu masih mengandalkan AS sebagai pasar mobil terbesar.

Toyota mendesak pemerintah Jepang agar segera turun tangan menyeimbangkan penguatan Yen yang makin tak terkontrol. Kalau tak dilakukan, mereka mengancam akan mengambil langkah berani dengan meninggalkan Jepang sebagai negara asalnya. Seluruh kegiatan produksi akan dipindahkan dari Jepang sehingga negara tersebut berpotensi kehilangan devisa.

Satoshi Ozawa, Chief Financial Officer Toyota Motor Company, seperti dikutip Nikkei, mengatakan, jika kondisi ini masih berlangsung sampai Maret 2011 (akhir tahun fiskal) total kerugian Toyota bakal melebihi batas yang mampu ditopang perusahaan. Kalau ini terjadi, satu-satunya cara menyematkan perusahaan adalah memindahkan basis produksi.

Saat ini, penguatan nilai Yen merupakan yang tertinggi sepanjang 15 tahun. Pemerintah Jepang mengaku terus memperhatikan permasalahan ini dan mengakui perlu melakukan langkah untuk menetapkan batas kenaikan tertinggi.

Tapi, sampai aksi ini diakukan, Menteri Keuangan Jepang Yoshihiko Noda mengatakan, negerinya juga perlu melihat situasi ini sebagai kesempatan bagi aset perusahaan di luar Jepang untuk melakukan aksi kerjasama mulai dari merger sampai akuisisi.

Pekan lalu, Toyota melaporkan kinerja perusahaannya masih mencatatkan keuntungan 8,7 miliar yen untuk periode kuartal kedua tahun fiskal 2010. Meski positif, jumlah ini seharusnya bisa lebih besar lagi, kondisi sesungguhnya justru menurun.

Pengakuan marcedes


Pengakuan sebagai sedan premium terus didapatkan Mercedes-Benz. Kali ini, Mercedes-Benz C-Class berhasil meraih penghargaan sebagai Best Small Luxury Sedan dalam Autobild Award 2010 dari majalah Autobild edisi Indonesia, Selasa (16/11/2010).

Audi baru


Audi akan merilis model terbaru pada jajaran model RS-nya. Pabrikan asal Jerman itu telah menyiapkan RS 3 Sportback terbaru dan segera dipasarkan awal tahun depan untuk pasar Jerman.
Terdapat pula sistem regenerasi energi yang secara otomatis bekerja ketika mobil berakselerasi. Mobil ini diklaim akan menggelitik pengemudi untuk melaju kencang berkat tenaganya yang besar.
Terlebih raungan mesin yang sangar juga menambah gairah. Untuk mengakomodasi hasrat mengemudi kencang, mobil ini menyediakan tombol mode Sport yang merupakan perlengkapan standar. Tombol ini akan memberikan respons lebih cepat dari mesin dan suspensi.
RS 3 memiliki tampilan luar yang galak dengan kelengkapan lampu depan xenon plus, gril bernuansa atraktif dengan bilah segi 5 serta bentuk air intake baru. Spoiler atas belakang besar, diffuser warna hitam mengilap serta knalpot berbentuk elips menambah tampilan buritan makin unik.
Harga jual RS 3 Sportback ini dibanderol sekitar Rp 612 juta di pasar Jerman dan akan diluncurkan awal tahun depan.

Mercy Generasi Baru


  Mercy Siapkan S-Class Generasi Baru
Mercedes-Benz membenahi generasi terbaru S-Class. Para perancang Mercy pun berkonsentrasi pada sektor interior karena desain interior ini nantinya akan mempengaruhi desain produk Mercedes di masa yang akan datang.
Model baru S-Class ini akan dipasarkan pada 2013 dan telah ditetapkan oleh para perancang di Mercedes sebagai standar desain interior.
Sistem baru ini menggunakan monitor yang tidak sepenuhnya touch screen. Namun menggunakan kamera untuk melacak pergerakan tangan di atas monitor dan memproyeksikan sebagai sentuhan tangan di atas layar.
 Sistem plug-in hybrid juga menjadi bagian dari fitur baru pada New S-Class dengan motor 80 kW yang memberikan kecepatan maksimum sampai 120 km/jam. Mercedes menyatakan jangka waktu isi ulang adalah 4,5 jam menggunakan soket 120 Volt dan mampu bertahan untuk dikendarai sepanjang 304 km.
Sistem ini juga dapat mendeteksi kendaraan lain di tiap sudut, sehingga dapat benar-benar diandalkan.